KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Profil Pimpinan 

 

 

Camat Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir

 

S. Hendy
Jabatan   Camat Pampangan
Unit Kerja  Kecamatan Pampangan
Alamat Kantor  

 

I. Letak Geografis Kecamatan Pampangan

 

 Peta Wilayah Kecamatan Pampangan

 

Kecamatan Pampangan merupakan salah satu kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan jarak ke Ibu Kota Kabupaten ± 42 km. Kecamatan ini terletak di sebelah Timur Laut Ibu Kota Kabupaten Komering Ilir (Kayu Agung). Kecamatan ini terletak pada ketinggian ± 10 meter dari permukaan laut, dengan luas wilayah 824,40 km2, yang secara administratif berbatasan dengan:

- Sebelah Utara  berbatasan dengan Kabupaten Banyuasin

- Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Pedamaran

- Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Sirah Pulau Padang

- Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pangkalan Lampam

Kecamatan Pampangan beriklim tropis, Musim kemarau umumnya berada antara bulan Mei hingga Oktober dan musim hujan antara bulan November hingga April. Sebagian besar wilayah Kecamatan Pampangan merupakan dataran rendah dan rawa-rawa.

 

II. Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

Jumlah penduduk Kecamatan Pampangan pada tahun 2019 sebanyak 29.962 jiwa, terdiri dari 14.559 laki-laki dan 14.403 perempuan. Sex ratio di Kecamatan Pampangan sebesar 101 yang berarti setiap 101 orang laki-laki per 100 perempuan. Ketersediaan fasilitas pendidikan pada tingkat menengah ke atas masih sangat minim, terutama belum tersedianya perguruan tinggi. Ketersediaan fasilitas kesehatan baru tersedia 1 puskemas. Namun fasiltas Posyandu sudah tersedia di setiap desa, yaitu sebanyak 27 posyandu yang tersebar di 22 desa.

 

III. Pertanian, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan

Sektor pertanian merupakan sektor unggulan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, karena sektor ini memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah  yang  cukup  signifikan. Mayoritas penduduk di Kecamatan Pempangan menanam padi. Tanaman lain yang diusahakan petani disini adalah ubi kayu, serta cabai.

 

IV. Pariwisata

Rumah makan dan restoran merupakan  salah  satu  penunjang dalam industri pariwisata. Pada Tahun 2019 jumlah rumah makan/restoran di Kecamatan   Pampangan   sebanyak   4 unit

 

V. Industri

Pembangunan sektor industri pada hakikatya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja, menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan menunjang pembangunan di daerah. Namun   demikian,   di   Kecamatan Pampangan masih sangat minim kegiatan industri pengolahan. Hal tersebut tidak terlepas dari basis utama pekerjaan masyarakat yaitu bertani. Pada tahun 2019 terdapat 41 penggilingan padi di Kecamatan Pampangan.

 

VI. Transportasi

Seluruh desa dalam Kecamatan Pampangan   dapat   dijangkau   melalui jalur darat. Sebagian besar jalan yang menghubungkan antar desa masih berupa tanah yang diperkeras atau koral. Sedangkan  sarana  transportasi umum antar desa masih sangat  jarang selain ojek. Seiring perkembangan teknologi komunikasi, masyarakat sudah banyak yang menggunakan telepon seluler. Hal tersebut dapat dilihat  dari  keberadaan menara telepon seluler yang ada di Kecamatan Pampangan sebanyak 12 buah menara.

 

VII. Perdagangan dan Keuangan

Sektor perdagangan sebagai sektor penunjang bagi sektor- sektor primer seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri. Produk dari sektor primer tersebut yang diperjualbelikan akan menjadi output bagi sektor perdagangan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah sarana- sarana pendukung sektor perdagangan terus meningkat. Tahun 2019 jumlah minimarket  di  Kecamatan  Pampangan ada sebanyak 2 unit. Selanjutnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah juga diikuti oleh penambahan sarana- sarana pendukung sektor keuangan, seperti Perbankan dan Koperasi. Di Kecamatan Pampangan terdapat sebanyak satu bank dan satu koperasi.