KECAMATAN CENGAL KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KECAMATAN CENGAL KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Profil Pimpinan

 

 

 

Camat Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir

 

Herkoles, S.IP
Jabatan Camat Cengal Kab. OKI
Unit Kerja Kecamatan Cengal
Alamat Kantor  

 

 I. Letak Geografis Kecamatan Cengal 

 Peta Wilayah Kecamatan Cengal

 

Kecamatan Cengal merupakan salah satu dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang terdiri dari 17 desa dengan luas wilayah 2.617,09 km2. Secara administrasi berbatasan dengan

-  Kecamatan Tulung  Selapan di bagian Utara

-  Kecamatan Sungai Menang di bagian Selatan

-  Laut Jawa di bagian Timur.

-  Kecamatan Pedamaran Timur dan

-  Sungai Menang di bagian Barat.

Secara umum Kecamatan Cengal telah mengalami perkembangan yang cukup baik ditinjau dari fasilitas pendidikan dan kesehatan. Sekolah negeri khususnya SD. Selain itu terdapat 11  SMP/sederajat dan 1 SMA/sederajat yang telah berdiri di sekitar ibu kota kecamatan yaitu Cengal. Di sisi lain, fasilitas kesehatan, terdapat 2 puskesmas dan 3 puskesmas pembantu. Puskesmas berada di pusat kecamatan Cengal, yaitu Desa Cengal. Jumlah penduduk Kecamatan Cengal pada pertengahan tahun 2019 sebanyak 33.866 jiwa, terdiri dari 17.730 jiwa  laki-laki dan 16.136 perempuan. Kalau dilihat dari angka tersebut, di Kecamatan ini jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dari perempuan dengan sex ratio 110, artinya dari 100 orang perempuan terdapat lebih kurang 110 orang laki- laki.

Mayoritas penduduk di Kecamatan Cengal merupakan petani karet dan sawit. Selain bertani di kebun sendiri, banyak juga di antaranya yang menjadi buruh perusahaan perkebunan swasta yang berbasis di wilayah Kecamatan Cengal. Tanaman lain yang diusahakan petani disini yaitu cabai dan karet. Pembangunan sektor industri pada hakikatya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja, menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan menunjang pembangunan di daerah. Namun demikian, di Kecamatan Cengal masih sangat minim kegiatan industri pengolahan. Hal tersebut tidak terlepas dari basis utama pekerjaan masyarakat yaitu bertani.

 

II. Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

Secara umum Kecamatan Cengal telah mengalami perkembangan yang cukup baik ditinjau dari fasilitas pendidikan dan kesehatan. Sekolah negeri  khususnya  SD.  Selain  itu terdapat   11  SMP/sederajat  dan  1 SMA/sederajat yang telah berdiri di sekitar ibu kota kecamatan yaitu Cengal. Di sisi lain, fasilitas kesehatan, terdapat 2 puskesmas dan 3 puskesmas pembantu. Puskesmas berada di pusat kecamatan Cengal, yaitu Desa Cengal. Jumlah penduduk Kecamatan Cengal pada pertengahan tahun 2019 sebanyak   33.866   jiwa,   terdiri   dari 17.730 jiwa laki-laki dan 16.136 perempuan. Kalau dilihat dari angka tersebut, di Kecamatan ini jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dari perempuan dengan sex ratio 110, artinya dari 100 orang perempuan terdapat lebih kurang 110 orang laki- laki.

 

III. Pertanian, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan

Mayoritas penduduk di Kecamatan Cengal merupakan petani karet dan sawit. Selain bertani di kebun sendiri, banyak juga di antaranya yang menjadi buruh perusahaan perkebunan swasta yang berbasis di wilayah Kecamatan Cengal. Tanaman lain yang diusahakan petani disini yaitu cabai dan karet.

 

IV. Pariwisata

Rumah makan dan restoran merupakan penopang sektor pariwisata. Di Kecamatan Cengal terdaat 1 terdapat rumah makan/ restoran.

 

V. Industri

Pembangunan sektor industri pada hakikatya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja, menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan menunjang pembangunan di daerah. Namun demikian, di Kecamatan Cengal masih sangat minim kegiatan industri pengolahan. Hal tersebut tidak terlepas dari basis utama pekerjaan masyarakat yaitu bertani.

 

VI. Transportasi

Hampir seluruh desa dalam Kecamatan Cengal dapat dijangkau melalui jalur darat. Sementara itu ada beberapa desa yang menggunakan jalur desa sekaligus jalur sungai. Sebagian besar jalan yang menghubungkan antar desa  masih  berupa  tanah  yang diperkeras atau koral. Seiring perkembangan teknologi komunikasi, masyarakat sudah banyak yang menggunakan telepon seluler. Hal tersebut dapat dilihat  dari  keberadaan menara telepon seluler yang ada di Kecamatan Cengal sebanyak 10 buah menara.

 

VII. Perdagangan dan Keuangan

Sektor perdagangan sebagai sektor penunjang bagi sektor-sektor primer seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri. Produk dari sektor primer tersebut yang diperjualbelikan akan menjadi output bagi sektor perdagangan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah sarana- sarana pendukung sektor perdagangan terus meningkat. Tahun 2019 jumlah pasar di Kecamatan Cengal ada sebanyak 6 pasar. Selanjutnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah juga diikuti oleh penambahan sarana- sarana pendukung sektor keuangan, seperti Perbankan dan Koperasi. Di Kecamatan Cengal terdapat 5 koperasi.