Ratusan Tenaga PPEP OKI Dikukuhkan, Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Ratusan Tenaga PPEP OKI Dikukuhkan, Tingkatkan Produktivitas Pertanian

OKI, 20 Juli 2022-----,Sebanyak 153 orang Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (PPEP) Kabupaten Ogan Komering Ilir dikukuhkan. Tenaga pendamping ini bertugas untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pertanian di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

.

Bupati OKI melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. H. Zulkarnain, MM menyampaikan Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki luas lahan rawa paling besar di SUMSEL yaitu 50 ribu hektar. Potensi harus dioptimalkan dengan penuh kesungguhan.

.

"Sumber daya yang dimiliki dapat mewujudkan Ogan Komering Ilir sebagai Lumbung Pangan Nasional dengan memahami karakteristik lahan pertanian, potensi, masalah dan tantangan mengembangkannya", ucap Zulkarnain. Rabu, (20/07/2022).

.

Para Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (PPEP) di Kabupaten Ogan Komering Ilir diharapkan dapat membiasakan cara kerja produktif dalam mengelola,memproduksi, sampai mendistribusikan hasil pertanian. Hasil pertanian berlimpah, petani jadi lebih sejaterah.

.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. OKI, Ir. Sahrul, M.Si

dalam sambutanya mengatakan Kabupaten Ogan Komering Ilir memiliki 314 Desa dan 13 Kelurahan dan Idealnya memiliki 327

Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (PPEP).

.

"PPEP ini akan menjadi pendamping dan pembina petani di OKI untuk melakukan perencanaan, budidaya, panen & pasca panen, dan pengelolaan alsintan yang efektif serta membantu petani dalam mengakses permodalan", jelas Sahrul.

.

Lebih lanjut, Sahrul menyampaikan dengan adanya PPEP maka hasil produksi panen petani di OKI bisa jadi lebih berlimpah dengan kualiitas produk memenuhi standar mutu yang diharapkan. Dengan begitu, OKI bisa tetapi jadi lumbung pangan nasional. 

.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan, Dr. H. R Bambang Pramono, M.Si mengatakan PPEP memiliki pola yang berbeda, karena diisi oleh pemuda-pemudi asli daerah setempat. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan untuk bisa membangun dan berkontribusi di tanah kelahirannya. 

.

"153 orang PPEP yang telah dilantik hari ini dapat berperan sebagai aktor strategis dengan pengetahuan dan pengalaman dapat meningkatkan produktias dari Kerangka Sampel Area (KSA) ditelan didapatkan", kata Bambang. 

.

Bambang berharap agar PPEP di OKI dapat memiliki kreativitas dan inovasi sehingga dapat mengakselerasi potensi jadi daya jual yang bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ilir.