Gandeng Swasta, Bupati OKI Hadirkan Air Bersih bagi Warga Air Sugihan

OKI---Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H. Iskandar, SE menginisiasi pembangunan sarana pengelolaan air bersih di wilayah yang mengalami kesulitan air bersih seperti Kecamatan Air Sugihan OKI.

Pembangunan Sarana Pengelolaan Air Minum (SPAM) itu bekerjasama dengan PT OKI Pulp and Paper dan PT SAML.

"Karena air sumber kehidupan, baik untuk kesehatan, sanitasi, mengatasi miskin dan stunting," ujar Bupati OKI, Iskandar pada saat pencanangan pembangunan Booster Sarana Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Desa Bukit Batu Kecamatan Air Sugihan OKI, Kamis, (14/9).

"Dari intake PT OKI Pulp dialirkan melalui booster untuk disebar ke hampir 2 ribuan rumah tangga di Air Sugihan," Jelas Iskandar.

Pembangunan booster ini ditarget selama 2 tahun pengerjaan.

 

42 Tahun Kesulitan Air Bersih

Selama berpuluh tahun, masyarakat pesisir Air Sugihan OKI sangat kesulitan akses air bersih.

Selama itu pula, warga di sana menggunakan air payau atau menampung air hujan untuk kebutuhan air bersih.

Saat musim kemarau dan minim curah hujan, beberapa dari mereka juga membeli air bersih di lokasi yang jauh, dengan dana yang tidak sedikit.

Sebab itu, Ketua Forum Kepala Desa Air Sugihan, Fadli mengatakan kehadiran air bersih menjadi mimpi warga di sana.

"Berpuluh tahun sejak trans Air Sugihan ini di buka, listrik dan air bersih hanya mimpi bagi kami," Ungkap dia. "Namun sejak 2014 listrik telah hadir dan air bersih akan segera mengalir ke rumah-rumah warga Air Sugihan," tambahnya.

Air bersih menurut Fadli merupakan amal kebaikan yang akan terus mengalir. "Membawa Kebaikan untuk percepatan pembangunan di Air Sugihan." Tandasnya.

Selain berterimakasih, warga Air Sugihan menurut Fadli berharap perusahaan sekitar membantu percepatan realisasi sarana air bersih bagi warga Air Sugihan