Apel Kehormatan dan Renungan Suci di OKI Berjalan Khidmat

Apel Kehormatan dan Renungan Suci di OKI Berjalan Khidmat

OKI, 16 Agustus 2022-----, Apel kehormatan dan renungan suci yang digelar setiap tahun dan diikuti Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kab. OKI merupakan salah satu rangkaian peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan pada malam sebelum detik-detik proklamasi Kemerdekaan.

.

Pelaksanaan apel kehormatan dan renungan suci tahun ini dilaksanakan secara khidmat.

.

Apel kehormatan dan renungan suci yang berlangsung di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan atas peran besar para pahlawan yang rela berkorban jiwa dan raga untuk kemerdekaan tanah air agar Bumi Pertiwi dapat terbebas dari belenggu para penjajah. Selasa malam, (16/8/2022).

 

Tahun ini, Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Hendra Saputra S.Sos.,M.M.,M.I.Pol bertindak selaku inspektur upacara tahun.  Suasana berlansung khidmat saat inspektur upacara membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci dengan kondisi lampu taman makam dipadamkan. Sebagai penerang, dua obor dinyalakan oleh petugas upacara. 

.

"Kita semua yang hadir dalam acara ini memberikan hormat atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan yang telah rela berjuang jiwa raga bahkan mempertarukan nyawa untuk mempersembahkan kemerdekaan yang kita rasakan saat ini", kata Dandim Hendra.

.

Sementara itu, Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE menyampaikan "Do'a bersama yang dilakukan ini bertujuan untuk berharap kepada sang pencipta agar semua arwah para pahlawan yang telah berjuang untuk negara dan bangsa mendapat tempat terbaik di sisinya", ungkapnya.

.

Bupati Iskandar menambahkan, tugas kita selanjutnya adalah meneruskan cita-cita dan perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita.

.

Acara yang rutin digelar setiap tahun tersebut ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.