KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Profil Pimpinan 

 

Yulian Syahri,SP
Jabatan   Camat Mesuji Raya
Unit Kerja  Kecamatan Mesuji Raya
Alamat Kantor  

 

I. Letak Geografis Kecamatan Mesuji Raya

 

 Peta Wilayah Kecamatan Mesuji Raya

 

Kecamatan Mesuji Raya merupakan salah satu dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang terdiri dari 17 desa dengan luas wilayah 517,35 km2. Secara administrasi

berbatasan dengan

 -    Kecamatan Pedamaran di bagian Utara

-     Kecamatan Lempuing Jaya dan Kecamatan Mesuji di bagian Selatan

-     Kecamatan Mesuji di bagian Timur.

-     Kecamatan Lempuing Jaya di bagian Barat

 

II. Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

Secara umum Kecamatan Mesuji Raya telah mengalami perkembangan yang cukup baik ditinjau dari fasilitas pendidikan dan kesehatan. Sekolah negeri khususnya SD, sedangkan SMP/sederajat tersebar hampir merata di seluruh desa dengan jumlah 15 sekolah. Sementara itu 7 sekolah SMA/sederajat juga telah berdiri di sekitar ibu kota kecamatan. Di sisi lain, fasilitas kesehatan terutama poskesdes dan polides telah tersedia di tiap desa sedangkan 2 puskesmas dan 4 puskesmas pembantu juga berdiri di kecamatan Mesuji Raya.  Jumlah penduduk Kecamatan Mesuji Raya pada tahun 2019 sebanyak 37.143  jiwa,  terdiri  dari  19.277  jiwa laki-laki dan 17.916 perempuan. Kalau dilihat dari angka tersebut, di Kecamatan ini jumlah  penduduk  laki- laki lebih banyak dari perempuan dengan sex ratio 107, artinya dari 100 orang  perempuan  terdapat  lebih kurang 107 orang laki-laki.

 

III. Pertanian, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan

Mayoritas penduduk di Kecamatan Mesuji Raya merupakan petani karet dan sawit. Selain bertani di kebun sendiri, banyak juga di antaranya yang menjadi  buruh  perusahaan perkebunan swasta yang berbasis di wilayah Kecamatan Mesuji Raya. anaman lain yang diusahakan petani disini cabai, kacang panjang dan kelapa sawit

 

IV. Pariwisata

Rumah makan dan restoran merupakan  salah  satu  penunjang dalam industri pariwisata. Pada Tahun 2019 jumlah rumah makan/restoran di Kecamatan Mesuji Raya telah tersedia sejumlah 22 unit.

 

V. Industri

Pembangunan sektor industri pada hakikatya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja, menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan menunjang pembangunan di daerah. Namun demikian, di Kecamatan Mesuji Raya masih sangat minim kegiatan industri pengolahan. Hal tersebut tidak terlepas dari basis utama pekerjaan masyarakat yaitu bertani.

 

VI. Transportasi

Seluruh desa dalam Kecamatan Mesuji  Raya  dapat  dijangkau  melalui jalur darat. Namun sarana jalan sebagian masih jalan yang diperkeras dan tanah. Seiring perkembangan teknologi komunikasi, masyarakat sudah banyak yang menggunakan telepon seluler. Hal tersebut dapat dilihat  dari  keberadaan desa yang memiliki menara telepon seluler di Kecamatan Mesuji Raya sebanyak 12 desa.

 

VII. Perdagangan dan Keuangan

Sektor perdagangan sebagai sektor penunjang bagi sektor- sektor primer seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri. Produk dari sektor primer tersebut yang diperjualbelikan akan menjadi output bagi sektor perdagangan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah sarana- sarana pendukung sektor perdagangan terus meningkat. Tahun 2019 jumlah pasar  di  Kecamatan  Mesuji  Raya  ada sebanyak 9 pasar. Selanjutnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah juga diikuti oleh penambahan sarana- sarana pendukung sektor keuangan, seperti Perbankan dan Koperasi. Di Kecamatan Mesuji Raya terdapat sebanyak 3 bank, dan 19 koperasi.