KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Profil Pimpinan

Camat Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir

 

Sujito, S.E
Jabatan Camat Lempuing
Unit Kerja Kecamatan Lempuing
Alamat Kantor  

 

I. Letak Geografi Kecamatan Lempuing 

Kecamatan Lempuing merupakan salah satu Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering dengan jarak ke Ibu Kota Kabupaten ± 72 km. Kecamatan ini terletak di sebelah tenggara Ibu Kota Kabupaten Ogan Komering Ilir (Kayuagung). Kecamatan ini terletak pada ketinggian ±10 meter dari permukaan  laut,  dengan  luas  wilayah 295,47  km²,  yang  secara  administratif

berbatasan dengan :

a. Sebelah  Utara  berbatasan  dengan Kecamatan Lempuing Jaya

b. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Mesuji Makmur

c. Sebelah  Barat  berbatasan  dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur 

d. Sebelah  Timur  berbatasan  dengan Kecamatan Mesuji

Sebagian besar wilayah Kecamatan Lempuing merupakan dataran rendah. Beberapa desa dialiri oleh aliran sungai- sungai.

 

II. Sosial dan Kesejahteraan Rakyat

Secara umum Kecamatan Lempuing telah mengalami perkembangan yang cukup baik ditinjau dari fasilitas pendidikan  dan kesehatan. Sekolah negeri khususnya SD dan SMP telah tersebar merata hampir di seluruh desa. Namun belum semua kelurahan/desa memiliki SMA atau SMK. Kesehatan dapat dipakai sebagai ukuran kesejahteraan seseorang. Sedangkan penyediaan sarana kesehatan adalah sebagai kebutuhan pokok dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat secara umum. Di Kecamatan Lempuing terdapat 3 puskesmas, 3 poliklinik, 6 puskesmas pembantu. Jumlah penduduk Kecamatan Lempuing pada pertengahan tahun 2019 sebanyak 69.747 jiwa, terdiri dari 36.358 laki-laki dan 33.379 perempuan. Kalau dilihat dari angka tersebut, di Kecamatan ini jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dari perempuan dengan sex ratio 109, artinya dari 100 orang perempuan terdapat lebih kurang 109 orang laki- laki.

 

III. Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Peternakan

Mayoritas penduduk di Kecamatan Lempuing merupakan petani padi dan karet. Selain bertani di kebun sendiri, banyak juga di antaranya yang menjadi buruh perusahaan perkebunan swasta yang berbasis di wilayah Kecamatan Lempuing. Tanaman lain yang diusahakan petani disini yaitu Padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, cabe, dan kacang panjang.

 

IV. Pariwisata

Rumah makan dan restoran merupakan salah satu penunjang dalam industri pariwisata. Pada Tahun 2019 jumlah rumah makan/restoran di Kecamatan  Lempuing  sebanyak  27 unit.

 

V. Industri

Pembangunan sektor industri pada hakikantya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja, menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan menunjang pembangunan di daerah. Namun demikian, di Kecamatan Lempuing masih sangat minim kegiatan industri pengolahan. Hal tersebut tidak terlepas dari basis utama pekerjaan masyarakat yaitu bertani. Pada 2019 terdapat 135 penggilingan padi di Kecamatan Lempuing.

 

VI. Transportasi

Seluruh desa dalam Kecamatan Lempuing dapat dijangkau melalui jalur darat.. Sebagian besar jalan yang menghubungkan antar desa masih berupa kerikil   yang diperkeras atau koral. Sedangkan sarana transportasi umum antar desa masih sangat jarang selain ojek. Sementara itu transportasi umum antar kecamatan dapat menggunakan mobil angkutan umum. Seiring perkembangan teknologi komunikasi, masyarakat sudah banyak yang menggunakan telepon seluler. Hal tersebut dapat dilihat dari keberadaan menara telepon seluler yang ada terdapat di 11 desa namun dapat menjangkau seluruh Kecamatan Lempuing.

 

VII. Perdagangan dan Keuangan

Sektor perdagangan sebagai sektor penunjang bagi sektor- sektor primer seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri. Produk dari sektor primer tersebut yang diperjualbelikan akan menjadi output bagi sektor perdagangan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah sarana-sarana pendukung sektor perdagangan terus meningkat. Tahun 2018 jumlah pasar di Kecamatan Lempuing ada sebanyak 4 pasar permanen dan 3 pasar tidak permanen. Selanjutnya seiring dengan pertumbuhan  ekonomi  di  suatu wilayah juga diikuti oleh penambahan sarana-sarana pendukung sektor keuangan, seperti Perbankan dan Koperasi. Di Kecamatan Lempuing terdapat sebanyak 10 bank dan 11 unit koperasi.