Jaga Zona Rendah Penularan Covid, Keluar Masuk OKI diawasi

Jaga Zona Rendah Penularan Covid, Keluar Masuk OKI diawasi

OKI----, Hari Raya Idul Fitri 1442 H tinggal menghitung hari. Sampai saat ini, status level kewaspadaan Covid-19 di Kabupaten Ogan Komering Ilir secara keselurahan berada di Zona Kuning. Guna mempertahankan status tersebut, 

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir laksanakan apel persiapan Operasi Ketupat Musi 2021 untuk mengawasi mobilitas keluar masuk wilayah di OKI, Rabu (05/05/2021).

Bupati OKI melalui Kapolres OKI, AKBP Alamsyah Pelupessy, SH, SIK, M.Si terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menunda mudik lebaran dan lebih memprioritaskan waktu untuk di rumah saja.

"Operasi ketupat musi 2021 ini memiliki target menekan bahkan memutus laju penyebaran COVID-19 di Kab. OKI. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk menggunakan waktu berkualitas berkumpul bersama keluarga inti di rumah saja", jelas Alamsyah. 

Kabupaten Ogan Komering Ilir terhitung tanggal 05 Mei 2021 berstatus Zona Kuning dengan rincinan 5 kecamatan berstatus zona kuning dan 13 kecamatan lainnya berada di zona hijau (tidak ada kasus). Meskipun begitu, masyarakat diminta untuk lengah dan kooperatif untuk lebaran di rumah saja.

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk kerjasama nasional untuk menyelamatkan Kabupaten OKI pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dari Tsunami Covid-19. 

Dalam pelaksanaan operasi ketupat musi 2021 ini terdapat 5 pos penyegatan untuk menjaga intensitas keluar masuk di wilayah kabupaten OKI yaitu di Kecamatan Tanjung lubuk; Pematang Panggang; Kecamatan Jejawi; Pintu Masuk Tol Kayuagung-Palembang dan Celikah. 

Selain itu, 299 personel gabungan ditugaskan untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

“Kita harap partisipasi dan dukungan dari seluruh masyarakat untuk mewujudkan kabupaten OKI tetap aman dan kondusif menjelang, pada saat dan paka hari raya Idul Fitri 1442 H", tambah Kapolres OKI.

Lebih lanjut Alamsyah mengatakan, pengecekan ini bertujuan untuk bisa memaksimalkan kinerja dari personel gabungan Polisi, TNI, Pemda dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan operasi kemanusiaan tahun 2021.

Tetap Terapkan 4M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghindari Kerumunan). mawas diri dan disiplin protokol kesehatan jadi kunci