Istimewa, Rayakan Peringatan HUT 75 Proklamasi Kemerdekaan Serentak di Bumi Pertiwi

Istimewa, Rayakan Peringatan HUT 75 Proklamasi Kemerdekaan Serentak di Bumi Pertiwi

Kayuagung, Pemerintah Kabupaten OKI melakukan persiapan untuk pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 75 di Ruang Rapat BS I. Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-457/M.Sesneg/Set/Tu.00.0r/06/2020 tentang peringatan hari 17 Agustus 1945 (5/8/2020).

Sekretaris Daerah Kab. OKI, H. Husin S.Pd, MM selaku pimpinan rapat menyampaikan sesuai dengan amanat Pemerintah Pusat maka di tingkat daerah upacara Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI tahun 2020 dilaksanakan di Kantor Pemerintahan Daerah yang dimulai pada pukul 07.00 WIB atau sebelum pelaksanaan upacara di Istana Negara.
.
Menariknya, pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 s/d 10.20 WIB (selama 3 menit) segenap masyarakat Indonesia wajib mengehentikan aktivitasnya sejenak, lalu berdiri tegak saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Dalam hal ini, jajaran TNI dan POLRI akan membantu keberhasilan pelaksanaan hal tersebut dengan mendengarkan suara sirine atau suara penanda lainnya sesaat sebelum lagu Indonesia Raya menggema di Bumi Pertiwi. Namun demikian, pelaksanaannya akan tetap menerapakan protokol kesehatan (ProKes).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka sebanyak 3 Orang dan pasukan pasukan upacara sebanyak 20 orang yang berasal dari TNI dan Polri. Di samping itu, pada tanggal 14 Agustus 2020, masyarakat di seluruh Indonesia, termasuk di Bumi Bende Suguguk untuk dapat mengikuti siaran langsung pidato kenegaraan Presiden RI melalui berbagai kanal media masa.
.
Sayang sekali, rutinitas tahunan seperti malam resepsi, karnaval budaya pesta rakyat dan lomba-lomba yang mengundang keramaian untuk ditiadakan tahun ini. Hal ini sebagai komitmen bersama masyarakat di Bumi Pertiwi untuk bersatu kuat menjalani rutinitas di era kenormalan baru.