KECAMATAN TELUK GELAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KECAMATAN TELUK GELAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Profil Pimpinan

 

 

Trisnofilhaq, ST., M. Si
 Jabatan  Camat Teluk Gelam
 Unit Kerja  Kecamatan Teluk Gelam
 Alamat Kantor  

 

ILetak Geografis Kecamatan Teluk Gelam

 

 

Kecamatan Teluk Gelam merupakan salah satu dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir, yang terdiri dari 14 desa dengan luas wilayah 169,29      km2.      Secara     administrasi berbatasan dengan

- Sebelah  Utara  berbatasan  dengan Kabupaten Ogan Ilir

- Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten  Ogan  Komering  Ulu Timur

- Sebelah  Barat  berbatasan  dengan Kecamatan Tanjung Lubuk

- Sebelah  Timur  berbatasan  dengan Kecamatan Lempuing Jaya dan Pedamaran

 

Kecamatan Teluk Gelam terdiri dari 14 Desa yakni sebagai berikut:

 

                 Tabel 1. Jumlah Penduduk Teluk Gelam

 

Dari table di atas jumlah penduduk di Kecamatan Teluk Gelam berjumlah 22.977 jiwa dengan rincian laki-laki sebanyak 11.764 jiwa dan perempuan sebanyak 11.213 jiwa dan 7.480 KK (Kartu Keluarga), data ini berdasarkan data Kecamatan Dalam Angka 2018 oleh BPS Ogan Komering Ilir.

 

II. Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

Secara umum Kecamatan Teluk Gelam  telah  mengalami perkembangan yang cukup baik ditinjau dari fasilitas  pendidikan  dan kesehatan. Sekolah negeri khususnya SD telah tersebar merata. Sedangkan untuk SMP/sederajat terdapat 7 sekolah dan 5 SMA/Sederajat. Di sisi lain, fasilitas kesehatan terutama poskesdes dan polides telah tersedia di tiap desa sedangkan 3 puskesmas  dan  6  puskesmas pembantu juga berdiri di kecamatan Teluk Gelam. Jumlah penduduk Kecamatan Teluk Gelam pada pertengahan tahun 2019 sebanyak 23.800 jiwa, terdiri dari 12.221 jiwa laki-laki dan 11.579 perempuan. Kalau dilihat dari angka tersebut, di Kecamatan ini jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dari perempuan dengan sex ratio 106, artinya dari 100 orang perempuan terdapat lebih kurang 105 orang laki- laki.


III. Pertanian, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan
 

Mayoritas penduduk di Kecamatan Teluk Gelam merupakan petani  karet  dan  sawit.  Selain bertani di kebun sendiri, banyak juga di antaranya yang menjadi buruh perusahaan  perkebunan  swasta yang berbasis di wilayah Kecamatan Teluk Gelam. Tanaman lain yang diusahakan petani disini yaitu jagung, ubi kayu, ubi jalar, cabai, terung, kangkung, ketimun, tomat dan kacang panjang. Selain itu, petani disini juga menanam beberapa tanaman biofarmaka  seperti  jahe  dan lengkuas  dan  beberapa  macam buah-buahan lokal.

 

IV. Pariwisata

Rumah makan dan restoran merupakan penopang sektor pariwisata. Di Kecamatan Teluk Gelam terdapat 10  rumah makan/ restoran, 53 kedai makanan dan 4 motel pada tahun 2019.

V. Industri

Pembangunan   sektor   industri pada   hakikatya   merupakan   salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja, menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan menunjang pembangunan di daerah. Namun demikian, di Kecamatan Teluk Gelam masih sangat minim kegiatan industri pengolahan. Hal tersebut tidak terlepas dari basis utama pekerjaan masyarakat yaitu bertani. Pada tahun 2019. Terdapat 16 unit penggilingan padi di Kecamatan Teluk Gelam.

 

VI. Transportasi

Seluruh desa dalam Kecamatan Teluk Gelam dapat dijangkau melalui jalur darat.. Sebagian besar jalan yang menghubungkan antar desa sudah berupa aspal. Sedangkan sarana transportasi umum antar desa masih sangat jarang selain ojek. Seiring perkembangan teknologi komunikasi, masyarakat sudah banyak yang menggunakan telepon seluler. Hal tersebut dapat dilihat  dari  keberadaan menara telepon seluler yang ada di Kecamatan Teluk Gelam sebanyak 7 desa memiliki Menara selular.

 

VII. Perdagangan dan Keuangan

Sektor perdagangan sebagai sektor penunjang bagi sektor- sektor primer seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri. Produk dari sektor primer tersebut yang diperjualbelikan akan menjadi  output  bagi  sektor perdagangan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah sarana-sarana pendukung sektor perdagangan  terus  meningkat.  Tahun 2019 jumlah pasar di Kecamatan Teluk Gelam ada sebanyak 3 pasar. Selanjutnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah juga diikuti oleh penambahan sarana- sarana pendukung sektor keuangan, seperti Perbankan dan Koperasi. Di Kecamatan Teluk Gelam terdapat sebanyak 1 bank, dan 10 koperasi.