KECAMATAN SP PADANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KECAMATAN SP PADANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Profil Pimpinan 

 

Ardhi Tomiyansyah, S.IP
Jabatan   Plt. Camat Sirah Pulau Padang
Unit Kerja  Kecamatan Sirah Pulau Padang
Alamat Kantor  

 

I. Letak Geografis Kecamatan Sirah Pulau Padang

 

Peta Wilayah Kecamatan Sirah Pulau Padang

 

Kecamatan Sirah Pulau Padang merupakan salah satu Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering dengan jarak ke Ibu Kota Kabupaten ± 21 km.  Kecamatan ini  terletak  di  sebelah tenggara Ibu Kota Kabupaten Ogan Komering  Ilir  (Kayuagung).  Kecamatan ini terletak pada ketinggian ±10 meter dari permukaan laut, dengan luas wilayah 149,08 km², yang secara administratif berbatasan dengan :

- Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Jejawi

- Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Kayuagung

- Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Ogan Ilir

- Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pampangan

 Sebagian  besar  wilayah Kecamatan Sirah Pulau Padang merupakan dataran rendah. Beberapa desa dialiri oleh aliran sungai-sungai.

 

II. Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

 

Secara umum  Kecamatan Sirah Pulau Padang telah mengalami perkembangan yang cukup baik ditinjau dari fasilitas pendidikan dan kesehatan. Sekolah  negeri khususnya SD dan SMP telah tersebar merata di seluruh desa. Sementara itu 2 SMA juga telah berdiri  di  sekitar  ibu  kota kecamatan. Di sisi lain, fasilitas kesehatan tiap desa sedangkan 3 puskesmas dan 6 puskesmas pembantu juga berdiri  di  sekitar  ibu  kota kecamatan. Jumlah penduduk Kecamatan Sirah Pulau Padang pada pertengahan  tahun  2019  sebanyak 43.556 jiwa, terdiri dari 22.173 jiwa laki-laki dan 21.383 perempuan. Kalau dilihat dari angka tersebut, di Kecamatan ini jumlah penduduk laki- laki lebih banyak dari perempuan dengan  sex  ratio  104,  artinya  dari 100 orang perempuan terdapat lebih kurang 104 orang laki-laki.

 

III. Pertanian, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan

 

Sektor  pertanian  merupakan sektor unggulan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, karena sektor ini memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah yang cukup signifikan. Mayoritas penduduk di Kecamatan Sirah Pulau Padang menanam padi. Tanaman lain yang diusahakan petani disini adalah ubi kayu, cabe, terung dan ketimun.

 

IV. Pariwisata

Rumah makan dan restoran merupakan penopang sektor pariwisata. Di Kecamatan SP padang terdapat 13 rumah makan/ restoran pada tahun 2019.

 

V. Industri

Pembangunan sektor industri pada hakikatya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja, menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan menunjang pembangunan di daerah. Namun demikian, di Kecamatan Sirah Pulau Padang sudah cukup banyak kegiatan industri pengolahan. Hal tersebut tidak terlepas dari basis utama pekerjaan masyarakat yaitu bertani. Jumlah Penggilingan padi di Kecamatan SP padang sebanyak 75, tersebar hampir di seluruh desa.

 

VI. Transportasi

Seluruh desa dalam Kecamatan Sirah Pulau Padang dapat dijangkau melalui jalur darat. Sebagian besar jalan yang menghubungkan antar desa masih berupa tanah yang diperkeras atau koral. Sedangkan  sarana  transportasi umum antar desa masih sangat  jarang selain ojek. Sementara  itu transportasi umum antar kecamatan dapat menggunakan mobil angkutan umum. Seiring perkembangan teknologi komunikasi, masyarakat sudah banyak yang menggunakan telepon seluler. Hal tersebut dapat dilihat  dari  keberadaan menara telepon seluler yang ada di Kecamatan Sirah Pulau Padang sebanyak 10 buah menara.

 

VII. Perdagangan dan Keuangan

Sektor perdagangan sebagai sektor penunjang bagi sektor- sektor primer seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri. Produk dari sektor primer tersebut yang diperjualbelikan akan menjadi output bagi sektor perdagangan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah sarana- sarana pendukung sektor perdagangan terus meningkat. Tahun 2019 jumlah pasar di Kecamatan Sirah Pulau Padang ada sebanyak tiga pasar. Selanjutnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah juga diikuti oleh penambahan sarana- sarana pendukung sektor keuangan, seperti Perbankan dan Koperasi. Di Kecamatan Sirah Pulau Padang terdapat sebanyak 2 bank.