KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Profil Pimpinan

 

Muhammad Saleh, S. Sos
 Jabatan Pj. Camat Tulung Selapan
 Unit Kerja  Kecamatan Tulung Selapan
 Alamat Kantor  

 

ILetak Geografis Kecamatan Jejawi 

Peta Wilayah Kecamatan Tulung Selapan 

 

Kecamatan Tulung Selapan merupakan salah satu Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering dengan jarak ke Ibu Kota Kabupaten ± 87 km. Kecamatan ini terletak di sebelah tenggara Ibu Kota Kabupaten Ogan Komering Ilir (Kayuagung). Kecamatan ini terletak pada ketinggian ±10 meter dari permukaan  laut,  dengan  luas  wilayah 4.853  km²,  yang   secara  administratif berbatasan dengan :

- Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Tulung Selapan Jaya

- Sebelah Selatan berbatasan dengan  Kecamatan  Mesuji Makmur

- Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

- Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Mesuji

Saat ini terdapat 23 desa definitif di Kecamatan Tulung Selapan Ibu  kota  Kecamatan  Tulung Selapan berada di Desa Tulung Selapan Ulu

 

II. Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

Secara umum Kecamatan Tulung Selapan telah mengalami perkembangan  yang  cukup  baik ditinjau dari fasilitas pendidikan dan kesehatan. Sekolah negeri khususnya SD telah tersebar merata di seluruh desa.    Sementara    itu    terdapat    12 SMP/Sederajat serta 1 SMK dan 2 SMA serta  1  Madrasah  Aliyah  terdapat  di Kecamatan Tulung Selapan Di sisi lain, fasilitas kesehatan terutama poskesdes dan polides telah tersedia di tiap desa sedangkan 2 puskesmas dan 3 puskesmas pembantu juga berdiri di sekitar ibu kota kecamatan. Jumlah penduduk Kecamatan Tulung Selapan pada pertengahan tahun 2018 sebanyak 40.294 jiwa, terdiri  dari  20.619  jiwa  laki-laki  dan 19.675 perempuan.  Kalau  dilihat dari angka   tersebut,   di   Kecamatan   ini jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dari   perempuan   dengan   sex   ratio 104,37, artinya dari 100 orang perempuan terdapat lebih kurang 105 orang laki-laki.


III. Pertanian, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan
 

Mayoritas penduduk di Kecamatan Tulung  Selapan  merupakan  petani karet dan sawit. Selain bertani di kebun sendiri, banyak juga di antaranya yang menjadi  buruh  perusahaan perkebunan swasta yang berbasis di wilayah Kecamatan Tulung Selapan.

 

IV. Pariwisata

Rumah makan dan restoran merupakan  salah  satu  penunjang dalam industri pariwisata. Pada Tahun 2018 jumlah rumah makan/restoran di Kecamatan Tulung Selapan belum tersedia.

 

V. Industri

Pembangunan sektor industri pada hakikatya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja, menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan menunjang pembangunan di daerah. Namun demikian, di Kecamatan Tulung Selapan masih sangat minim kegiatan industri pengolahan. Hal tersebut tidak terlepas dari basis utama pekerjaan masyarakat yaitu bertani.

 

VI. Transportasi

Desa-desa dalam Kecamatan Tulung Selapan dapat dijangkau melalui jalur darat dan air Sebagian besar jalan yang menghubungkan antar desa masih berupa tanah yang diperkeras atau koral. Sedangkan  sarana  transportasi umum antar desa masih sangat  jarang selain ojek Seiring perkembangan teknologi komunikasi, masyarakat sudah banyak yang menggunakan telepon seluler. Hal tersebut dapat dilihat  dari  keberadaan menara telepon seluler yang ada di Kecamatan Tulung Selapan sebanyak 5 desa memiliki Menara selular

 

VII. Perdagangan dan Keuangan

Sektor perdagangan sebagai sektor penunjang bagi sektor- sektor primer seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri. Produk dari sektor primer tersebut yang diperjualbelikan akan menjadi output bagi sektor perdagangan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah sarana- sarana pendukung sektor perdagangan terus meningkat. Tahun 2018 jumlah pasar di Kecamatan Tulung Selapan ada sebanyak tujuh pasar. Selanjutnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah juga diikuti oleh penambahan sarana- sarana pendukung sektor keuangan, seperti Perbankan dan Koperasi