KECAMATAN MESUJI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KECAMATAN MESUJI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Profil Pimpinan 

 

Akhmar Junaidi, S. Sos
Jabatan   Camat Mesuji
Unit Kerja  Kecamatan Mesuji
Alamat Kantor  

 

I. Letak Geografis Kecamatan Mesuji

Peta wilayah Mesuji Kab. OKI

 

Kecamatan Mesuji merupakan salah satu Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering dengan jarak ke Ibu Kota Kabupaten ± 96 km. Kecamatan ini terletak di sebelah tenggara Ibu Kota Kabupaten Ogan Komering  Ilir  (Kayuagung).  Kecamatan ini terletak pada ketinggian ±40 meter dari permukaan laut, dengan luas wilayah 535,53 km², yang secara administratif berbatasan dengan :

-  Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Mesuji Raya

-  Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Mesuji Makmur

-  Sebelah Barat  berbatasan dengan Kecamatan Lempuing

-  Sebelah Timur berbatasan dengan Propinsi Lampung

Saat ini terdapat 17 desa definitif di Kecamatan Mesuji. Ibu kota Kecamatan Mesuji berada di Desa Pematang Panggang.

 

II. Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

Secara umum Kecamatan Mesuji telah mengalami perkembangan yang cukup baik ditinjau dari fasilitas pendidikan dan kesehatan. Sekolah negeri khususnya SD. Untuk SMP/sederajat tersebar di 7 desa. Sementara itu 1 SMK dan 3 SMA/sederajat  juga  telah Kecamatan Mesuji. Di sisi lain, fasilitas kesehatan terutama poskesdes dan polides telah tersedia hampir di tiap desa sedangkan 2 puskesmas dan 6 puskesmas pembantu telah tersedia. Jumlah penduduk Kecamatan Mesuji pada pertengahan tahun 2019 sebanyak 40.827 jiwa, terdiri dari 21.184 laki-laki dan 19.643 perempuan.  Kalau dilihat dari angka tersebut, di Kecamatan ini jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dari perempuan dengan sex ratio 108, artinya dari 100 orang perempuan terdapat lebih kurang 108 orang laki-laki.

 

III. Pertanian, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan

Mayoritas penduduk di Kecamatan Mesuji merupakan petani karet dan sawit. Selain bertani di kebun sendiri, banyak juga di antaranya yang menjadi buruh perusahaan perkebunan swasta yang berbasis di wilayah Kecamatan Mesuji. Tanaman lain yang diusahakan petani disini yaitu jagung, ubi kayu, ubi jalar, cabe, dan kacang panjang.

 

VI. Pariwisata

Rumah makan dan restoran merupakan salah satu penunjang dalam industri pariwisata. Pada Tahun 2019 jumlah rumah makan/restoran di Kecamatan Mesuji sebanyak 21 unit.

 

V. Industri

Pembangunan sektor industri pada hakikatya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja, menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan menunjang pembangunan di daerah. Namun demikian, di Kecamatan Mesuji masih sangat minim kegiatan industri pengolahan. Hal tersebut tidak terlepas dari basis utama pekerjaan masyarakat yaitu bertani. Tahun 2019 terdapat 3 unit penggilingan padi di kecamatan Mesuji.

 

VI. Transportasi

Seluruh desa dalam Kecamatan Mesuji dapat dijangkau melalui jalur daratSebagian besar jalan yang menghubungkan antar desa masih berupa tanah yang diperkeras atau koral. Seiring perkembangan teknologi komunikasi, masyarakat sudah banyak yang menggunakan telepon seluler. Hal tersebut dapat dilihat dari keberadaan menara  telepon  seluler.  Sebanyak  12 Desa memiliki Menara selular.

 

VII. Perdagangan dan Keuangan

Sektor  perdagangan  sebagai sektor penunjang bagi sektor- sektor primer seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri. Produk dari sektor primer tersebut yang diperjualbelikan akan menjadi output bagi sektor perdagangan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah sarana-sarana pendukung sektor perdagangan terus meningkat.  Tahun 2019 jumlah pasar di Kecamatan Mesuji ada sebanyak 8 pasar. Selanjutnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah juga diikuti oleh penambahan sarana- sarana pendukung sektor keuangan, seperti Perbankan dan Koperasi. Di Kecamatan Mesuji pada tahun 2019 terdapat sebanyak 3 bank dan 32 koperasi.