KECAMATAN SUNGAI MENANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KECAMATAN SUNGAI MENANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Profil Pimpinan 

 

 

Syawal Harahap, S. Sos, M. Si
Jabatan   Camat Sungai Menang
Unit Kerja  Kecamatan Sungai Menang
Alamat Kantor  

 

I. Letak Geografis Kecamatan Sungai Menang

 

 Peta Wilayah Kecamatan Sungai Menang

Kecamatan Sungai Menang merupakan salah satu Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering dengan jarak ke Ibu Kota Kabupaten ± 175   km.   Kecamatan   ini   terletak   di sebelah tenggara Ibu Kota Kabupaten Ogan Komering Ilir (Kayuagung). Kecamatan ini terletak pada ketinggian ±8 meter dari permukaan laut, dengan luas  wilayah  2.255,6  Km²,  yang  secara administratif berbatasan dengan :

- Sebelah  Utara  berbatasan  dengan Kecamatan Cengal

- Sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Lampung

- Sebelah  Barat  berbatasan  dengan Kecamatan Mesuji

- Sebelah  Timur  berbatasan  dengan Laut Jawa

Sebagian wilayah Kecamatan Sungai Menang merupakan Wilayah perairan dan berbatasan dengan laut lepas. Kecamatan Sungai Menang terdiri atas 18 desa definitif dengan ibukota kecamatannya adalah Desa Sungai Menang.

 

II. Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

Secara umum Kecamatan Sungai Menang telah mengalami perkembangan  yang  cukup  baik ditinjau dari fasilitas pendidikan dan kesehatan. Sekolah negeri khususnya SD tersebar merata di seluruh desa. Sementara sebanyak 12 SMP/sederajat 1 SMK dan 3 SMA/sederajat juga telah berdiri di kecamatan Sungai Menang. Di sisi lain, fasilitas kesehatan terutama poskesdes/polides telah tersedia di tiap desa, selain itu di Kecamatan Sungai Menang memiliki 1 puskesmas. Selain itu terdapat 1 dokter dan 2 perawat serta 42 bidan. Jumlah penduduk Kecamatan Sungai Menang pada pertengahan tahun 2019 sebanyak 31.319 jiwa, terdiri dari 16.628 laki-laki dan 14.691 perempuan. Kalau dilihat dari angka tersebut, di Kecamatan ini jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dari perempuan dengan sex ratio 113, artinya dari 100 orang perempuan terdapat lebih kurang 113 orang laki- laki.

 

III. Pertanian, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan

Mayoritas penduduk di Kecamatan Sungai   Menang   merupakan   petani karet dan kelapa serta kelapa sawit. Selain bertani di kebun sendiri, banyak juga di antaranya yang menjadi buruh perusahaan perkebunan swasta yang berbasis di wilayah Kecamatan Sungai Menang.

 

IV. Pariwisata

Rumah makan dan restoran merupakan  salah  satu  penunjang dalam industri pariwisata. Pada Tahun 2019 jumlah rumah makan/restoran di Kecamatan Sungai Menang sebanyak 2 unit.

 

V. Industri

Pembangunan sektor industri pada hakikatya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja, menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan menunjang pembangunan di daerah. Namun demikian, di Kecamatan Sungai Menang masih sangat minim kegiatan industri pengolahan. Hal tersebut tidak terlepas dari basis utama pekerjaan masyarakat yaitu pertanian dan tambak.

 

VI. Transportasi

Desa-desa di Sungai Menang sangat tersebar, bahkan beberapa desa harus hanya bisa diakses melewati Provinsi Lampung.  Dengan  waktu tempuh belasan jam. Sedangkan  sarana  transportasi umum antar desa masih sangat  jarang selain ojek dan sewa perahu kecil. Seiring perkembangan teknologi komunikasi, masyarakat sudah banyak yang menggunakan telepon seluler. Namun hanya 5 desa yang terdapat Menara telepon selular. Sehingga dibutuhkan campur tangan pemerintah agar komunikasi dapat terjangkau sebagian besar   masyarakat Kecamatan Sungai Menang.

 

VII. Perdagangan dan Keuangan

Sektor perdagangan sebagai sektor penunjang bagi sektor- sektor primer seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri. Produk dari sektor primer tersebut yang diperjualbelikan akan menjadi output bagi sektor perdagangan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah sarana- sarana pendukung sektor perdagangan terus meningkat. Tahun 2019 jumlah pasar di Kecamatan Sungai Menang ada sebanyak 1 pasar permanen dan 7 pasar semi permanen. Selanjutnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah juga diikuti oleh penambahan sarana- sarana pendukung sektor keuangan, seperti Perbankan dan Koperasi. Di Kecamatan Sungai Menang terdapat sebanyak 1 bank, dan 7 koperasi.