KECAMATAN PANGKALAN LAMPAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KECAMATAN PANGKALAN LAMPAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Profil Pimpinan 

 

 

Tasuhian Mika, S.IP
Jabatan   Camat Pangkalan Lampam
Unit Kerja  Kecamatan Pangkalan Lampam
Alamat Kantor  

 

I. Letak Geografis Kecamatan Pangkalan Lampam

 

Peta Wilayah Kecamatan Pangkalan Lampam

 

Kecamatan Pangkalan Lampam merupakan salah satu Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering dengan jarak ke Ibu Kota Kabupaten ± 54 km. Kecamatan ini terletak di sebelah timur laut Ibu Kota Kabupaten Ogan Komering Ilir (Kayuagung). Kecamatan ini terletak pada ketinggian ±25 meter dari permukaan laut, dengan luas wilayah 1.035,52 km², yang secara administratif berbatasan dengan :

- Sebelah  Utara  berbatasan dengan Kabupaten Banyuasin

- Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Pampangan

- Sebelah  Barat  berbatasan  dengan Kecamatan Pampangan

- Sebelah  Timur  berbatasan  dengan Kecamatan Tulung Selapan.

Kecamatan Pangkalan Lampam beriklim tropis. Musim kemarau umumnya berkisar antara bulan Mei sampai Oktober dan musim hujan antara bulan November sampai April. Penyimpangan musim biasanya terjadi lima tahun sekali, berupa musim kemarau yang lebih panjang daripada musim hujan.

 

II. Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

Secara  umum  Kecamatan Pangkalan Lampam telah mengalami perkembangan  yang  cukup  baik ditinjau dari fasilitas pendidikan dan kesehatan. Sekolah negeri khususnya SD telah tersebar hampir merata di seluruh desa. Sementara itu terdapat 9 SMP/sederajat serta  1 SMA juga telah berdiri di sekitar ibu kota kecamatan. Di sisi lain, fasilitas kesehatan terutama poskesdes dan polides telah tersedia di tiap desa sedangkan 1 puskesmas dan 3 puskesmas pembantu juga berdiri di sekitar ibu kota kecamatan. Jumlah penduduk Kecamatan Pangkalan Lampam pada pertengahan tahun 2019 sebanyak 24.450 jiwa, terdiri  dari  12.286  jiwa  laki-laki  dan 12.164 perempuan.  Kalau  dilihat dari angka   tersebut,   di   Kecamatan   ini jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dari perempuan dengan sex ratio 101, artinya dari 100 orang perempuan terdapat lebih kurang 101 orang laki- laki.

 

III. Pertanian, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan

Sektor pertanian merupakan sektor unggulan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, karena sektor ini memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah  yang  cukup  signifikan. Mayoritas penduduk di Kecamatan Pangkalan Lampam menanam padi dan karet. Tanaman lain yang diusahakan petani disini adalah cabe, tomat dan mangga.

 

IV. Pariwisata

Rumah makan dan restoran merupakan penopang sektor pariwisata. Di Kecamatan Pangkalan Lampam terdapat 5 rumah makan/ restoran pada tahun 2019.

 

V. Industri

Pembangunan sektor industri pada hakikatya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja, menyediakan barang dan jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan menunjang pembangunan di daerah. Namun demikian, di Kecamatan Pangkalan  Lampam  masih  sangat minim kegiatan industri pengolahan. Hal  tersebut tidak  terlepas dari basis utama pekerjaan masyarakat yaitu bertani. Jumlah Penggilingan padi di Kecamatan pangkalan lampam sebanyak 6 tersebar di 6 desa.

 

VI. Transportasi

Seluruh desa dalam Kecamatan Pangkalan Lampam dapat dijangkau melalui jalur darat. Sebagian besar jalan yang menghubungkan antar desa masih berupa tanah yang diperkeras atau koral. Sedangkan  sarana  transportasi umum antar desa masih sangat  jarang selain ojek. Sementara  itu transportasi umum antar kecamatan dapat menggunakan mobil angkutan umum yang hanya melalui lima dari tujuh desa Kecamatan Pangkalan Lampam. Seiring perkembangan teknologi komunikasi, masyarakat sudah banyak yang menggunakan telepon seluler. Hal tersebut dapat dilihat  dari  keberadaan menara telepon seluler yang ada di Kecamatan Pangkalan Lampam sebanyak sebelas buah menara.

VII. Perdagangan dan Keuangan

Sektor perdagangan sebagai sektor penunjang bagi sektor- sektor primer seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri. Produk dari sektor primer tersebut yang diperjualbelikan akan menjadi output bagi sektor perdagangan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah sarana- sarana pendukung sektor perdagangan terus meningkat. Tahun 2019 jumlah pasar di Kecamatan Pangkalan Lampam ada sebanyak 12 pasar.  Selanjutnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah juga diikuti oleh penambahan sarana- sarana pendukung sektor keuangan, seperti Perbankan dan Koperasi. Di Kecamatan Pangkalan Lampam terdapat 1 bank dan 1 koperasi.